Pemain Akademi Milan yang Bersinar di Tim Lain

Rossi Diminta Bantu Vinales Jadi Juara Dunia. Masa Sih?
October 13, 2017
Chelsea Tunduk Pada El Shaarawy, Munchen Lolos ke 16 Besar
November 1, 2017

Klub raksasa asal Italia, AC Milan telah menghabiskan dana besar-besaran untuk merevolusi skuatnya di bursa transfer musim panas lalu. Total pembelian 11 pemain baru di bursa transfer adalah 230 juta euro. Dibalik pemborosan yang dilakukan manajemen musim ini, AC Milan dikenal sebagai salah satu klub asal Italia penghasil pemain-pemain hebat. Lihat saja beberapa pemain asli akademinya yang merumput di tim utama seperti Gianluigi Donnarumma, Patrick Cutrone, dan Manuel Locatelli.

Di tengah-tengah “migrasi” masal pemain baru, tiga pemain tersebut masih tetap mampu bersaing untuk mendapatkan tempat utama. Itu alasan setan merah tetap mempertahankan mereka.

Tapi tak jarang juga AC Milan luput menyadari potensi pemain binaan akademinya. Entah karena lebih tergiur dengan nama-nama besar dan pemain instan atau karena sebab lain, manajemen klub sering menjual mereka di usia muda. Hasilnya, sebagian para pemain tersebut lebih sukses dan bersinar bersama klub lain.

Bahkan kesuksesan mereka sering kali membuat Milan tergiur untuk membawa mereka pulang. Berikut adalah beberapa pemain binaan akademi AC Milan yang sukses di klub lain:

1. Pierre Emerick Aubameyang
Bisa jadi pemain yang satu ini adalah penjualan yang paling disesali oleh AC Milan. Setelah lima tahun mencampakkannya ke Saint Etienne, AC Milan sangat menginginkannya saat ini.

Proposal penawaran di bursa transfer musim panas lalu berkali-kali dilayangkan manajemen AC Milan, tapi selalu ditolak oleh Dortmund, klub pemilik Aubameyang saat ini. Dortmund hanya akan melepas striker Timnas Gabon ini dengan harga yak kurang dari 80 juta euro, sedangkan AC Milan hanya sanggup membelinya di bawah harga tersebut.

Sewaktu di akademi AC Milan, Aubameyang memang menghabiskan waktu cukup lama yaitu dari Januari 2007 sampai Juli 2008. Setelah itu ia menghabiskan akademi Rouen dan akademi Bastia, Prancis. Ketika sudah berhasil menembus tim senior di tahun 2008, AC Milan malah lebih sering meminjamkannya ke Prancis. Milai dari ke Dijon (2008), Lille (2009), AS Monaco (2010) dan akhirnya ke Etienne (2011) hingga dipermanenkan oleh klub tersebut pada tahun 2012.

Penyerang berusia 28 tahun itu semakin matang ketika bergabung bersama Dortmund 2013 lalu. Namanya selalu ada di persaingan gelar top scorer di Bundesliga. Hingga saat ini ia sudah berhasil mencetak 135 gol dan 34 assist dalam 203 penampilannya bersama klub Jerman ini. Bahkan di musim ini dari sembilan laga ia sudah mencetak 10 gol.

2. Matteo Darmian
Namanya belum dikenal sebelum ia bersinar di Torino tahun 2012 lalu. Sejak saat itu ia berhasil mencuri perhatian sejumlah klub besar termasuk MU yang menjadi klubnya saat ini. Ternyata Darmian mengawali perjalanan karir sepakbolanya di akademi AC Milan sejak kecil. Sampai akhirnya ia dijual ke Palermo. Cukup banyak memang pemain Italia yang mampu bersinar di Liga Inggris. Bahkan ia menjadi andalan Jose Mourinho hingga saat ini.

3. Bryan Cristante
Salah satu pemain yang saya pertahankan hingga usia 27 tahun di game Football Manager, game favorit saya sejak dahulu. Saya tahu pemain ini sangat berbakat dalam menjaga lini tengah. Bukan hanya bertahan, Cristante mampu melakukan transisi penyerangan dengan sangat baik. Pemain ini tampil gemilang bersama Atalanta meskipun hanya dengan status pinjaman dari Benfica. Sejauh ini ia sudah mencetak 4 gol dari 10 penampilan. Karena itulah pelatih Ventura memanggilnya ke timnas Italia belum lama ini.

Cristante merupakan pemain asli akademi AC Milan sebelum akhirnya dilepas ke Benfica dengan harga 6 juta Euro. Sebelum dilepas, ia sempat beberapa kali memperkuat tim utama tapi sayangnya pelatih saat itu tidak melihat tempat utama untuk Cristante.

4. Andrea Petagna
Di awal masuk ke tim utama AC Milan, pemain yang mengenyam pendidikan di akademi AC Milan ini cukup membuat kagum. Kemampuan heading, body balance dengan tubuh yang posturnya tinggi besar, pemain ini sangat luar biasa. Sayangnya lagi-lagi tempat utama Milan dihuni oleh nama-nama pemain yang sudah memiliki banyak pengalaman. Petagna pun dilepas secara permanen ke Atalanta pada bursa transfer musim dingin 2016 lalu. Musim lalu Petagna konsisten menjadi andalan Atalanta di lini depan. Musim ini pun dirinya sudah lebih baik lagi dengan menyumbang 3 gol dan 3 assist dalam 10 penampilannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *